Sejarah Boneka Yang Banyak Orang Tidak Tahu

Boneka yaitu type mainan yang mempunyai berbagai macam bentuk seperti bentuk manusia, hewan, bunga atau tokoh-tokoh fiksi. Boneka adalah type mainan tertua didunia karna boneka telah mulai diketemukan pada jaman Yunani, Romawi bahkan juga Mesir kuno, namun bentuk serta langkah membuatnya begitu jauh berlainan apabila dibanding dengan jaman saat ini. Cek Jual Hadiah Wisuda ada banyak hadiah untukmu

 

Bila boneka sekarang ini di buat dengan maksud jadi mainan anak-anak, pada saat lampau boneka kadang-kadang dipakai dalam ritual yang terkait dengan alam roh atau beberapa hal yang berbentuk gaib atau mistik seperti dalam upacara-upacara keagamaan atau sekte serta aliran spesifik, sihir, pemanggilan roh dari alam beda seperti jelangkung. Jejak boneka pada saat lampau bisa diketemukan pada makam-makam kuno atau website histori serta prasejarah.

Model, bentuk dan peranan boneka alami perubahan dari masa ke masa. Diawali dari th. 3000-2000 sebelumnya masehi (SM), boneka umunya terbuat dari tanah liat, tulang, ataupun patahan kayu atau potongan kain dengan bentuk yang masih tetap begitu simpel serta diperuntukkan untuk kebutuhan ritual keagamaan seperti di Yunani kuno. Tiap-tiap anak wanita mesti mempunyai boneka, membikinkan pakaian untuk dia lalu disimpan sampai tiba hari pernikahan gadis itu. Sebelumnya pernikahan, boneka itu ditempatkan di satu altar Artemis (lambang Dewi Kesuburan) untuk orang Yunani, atau altar Diana untuk orang Romawi untuk ritual agama, sedang di Mesir kuno boneka dipakai jadi pengganti kurban manusia.

 

Pada era ke-5, boneka mulai di buat dari kayu. Boneka masih tetap dipakai di acara ritual keagamaan waktu itu. Di Meksiko, boneka umumnya berwujud keluarga suci serta dipakai untuk rayakan natal.

 

Di era ke-4 belas, boneka moderen mulai bermunculan di benua eropa. Dengan fisik telah mirip manusia. Boneka mulai jadikan jadi model fashion serta tak akan berbau ritual mistik, memakai gaun serta mempunyai rambut ikuti fashion waktu itu jadi beberapa bangsawan mulai menunjukkan boneka untuk mempopulerkan boneka mereka jadi peraga model. Seperti yang dikerjakan ratu Perancis, Isabeu dari Bavaria dihadapan ratu Inggris hingga fashion Perancis jadi popular diluar negeri.

 

Pada era ke-5 belas, boneka mulai dikomersialkan, yang terlebih dulu boneka jadi alat ritual serta peraga model jadi mainan sepenuhnya. Jerman terdaftar jadi pembuat boneka komersil pertama yang terdapat di kota Nuremberg, Augsburg, serta Sonneberg. Banyak pekerja pembuat boneka hingga dibuatlah standard dalam pembuatan serta pemasaran boneka dengan fisik boneka seperti wanita jerman serta bahan berbentuk kayu, tanah liat serta kain masih tetap dipakai. Seabad lalu, pabrik boneka menjamur di Inggris, Perancis, Italia serta Belanda.

 

Di era ke-7 belas, bentuk boneka seperti bayi serta anak kecil mulai ada komplit dengan bajunya. Bahan dari kulit lembut serta lilin mulai dipakai hingga kulitnya sebagus kulit manusia serta tak akan berkesan kaku. Boneka juga telah dapat jalan serta keluarkan nada tangisan. Pada th. 1827 Johann Nepomuk Maelzel buat kotak nada mekanik hingga boneka bisa keluarkan nada ‘Papa’ serta ‘Mama’ ap

abila boneka ditekan. Bahan boneka juga berkembang dengan bahan karet, porselin, keramik serta selluloid.

 

Pada era ke-2 puluh, boneka umumnya di buat dari plastik serta vinil. Lebih ekspresif serta stylish. Pada th. 1959 Ruth Handler membuat boneka Barbie, boneka remaja yang mempunyai aksesori, baju serta peralatan yang berbagai macam, rambutnya dapat dicuci, diatur, disisir seperti rambut manusia. Jadi peranan boneka yang awalannya mempunyai tujuan jadi alat ritual serta model berubah jadi satu mainan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *